Jokowi Memprediksi Wabah Corona akan Hilang Pada Akhir Tahun – RADIO ESKA FM

Jokowi Memprediksi Wabah Corona akan Hilang Pada Akhir Tahun

Ilustrasi virus corona

Bagikan

Setelah DKI Jakarta, beberapa daerah akan memberlakukan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) untuk memutus rantai penyebaran virus Corona atau COVID-19.

Program itu memaksa masyarakat untuk membatasi aktifitas diluar rumah, bahkan menghindari tempat-tempat keramaian.

Masyarakat bertanya-tanya kapan keadaan ini akan berakhir. Dilansir dari laman detik.com, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memprediksi bahwa wabah virus corona (Covid-19) akan selesai pada akhir tahun ini.
Berbeda dengan presiden, beberapa pakar memprediksi bahwa virus corona akan hilang sebelum akhir tahun.

Pakar Statistika dan alumni MIPA Universita Gadjah Mada (UGM) Prof.Dr.rer.nat Dedi Rosadi,S.Si., M.Sc mengatakan, dari hasil analisis pandemi Covid-19 akan berakhir pada 29 Mei 2020 dengan minimum total penderita positif sekitar 6.174 kasus. Dengan intervensi pemerintah yang berhasil dengan baik, total penderita Corona positif minimal di sekitar 6.200 di akhir Pandemi pada akhir Mei 2020.

Analisis ini dinamai dengan model probabilistik yang berdasarkan data nyata atau probabilistik data-driven model (PDDM). Dengan model ini diperkirakan penambahan maksimum total penderita virus Corona setiap harinya di sekitar minggu kedua April 2020 yaitu berkisar antara 7-11 April 2020.

Sementara itu, Ilmuwan matematika Universitas Sebelas Maret (UNS) Sutanto Sastraredja memprediksi, puncak infeksi virus corona jenis baru (Covis-19) terjadi pada pertengahan Mei 2020. Namun, akhir dari pandemi ini tergantung dari kebijakan yang diambil oleh pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *