LIVE STREAMING

Memperingati Hari Kartini SMK LPPM RI 2 Kedungreja Adakan Lomba Fashion Show – RADIO ESKA FM

Memperingati Hari Kartini SMK LPPM RI 2 Kedungreja Adakan Lomba Fashion Show

Spread the love

ESKA – Lenggak – Lenggok Siswi SMK Adakan Lomba Fashion Show Jelang Peringatan Kartini

Suasana yang berbeda nampak di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) LPPM RI 2 Kedungreja, ‘model – model dadakan’ berjalan lenggak-lenggok ala model profesional bergaya di catwalk.

Persis, hanya saja, catwalk berbaluk karpet merah tak nampak disini. Lantai tanah sedikit berumputpun tak membuat model ganteng dan cantik minder.

Khusus hari ini, Selasa (16/4), seluruh siswa diminta untuk memakai pakaian adat kebaya dan para pria berbusana batik. Acara digelar sejak pukul 08.00 WIB dimulai dengan upacara.

Meski terkesan ‘mendahului’, tapi, semangat Kartini kental terlihat di sekolah yang memiliki tiga kejuruan ini.

Bu Mama, begitu Ia biasa disapa, salah satu guru mapel kejuruan sekaligus panitia kegiatan menuturkan, acara peringatan Hari Kartini memang sengaja diajukan karena agenda kegiatan sekolah padat hingga tanggal 21 April.

“Dilaksanakan tanggal ini, karena mendekati tanggal 21 nanti, sekolah disibukan dengan acara pelepasan siswa Mas, jadi terpaksa peringatan Hari Kartini kita majukan,” kata ibu guru bernama lengkap Sri Mama, saat ditemui disela-sela kegiatan.

Lomba fashion show, menurut Mama mengangkat tema gebyar nusantara, itu ditandai dengan pakaian adat yang dikenakan. Siswi serta ibu guru diharuskan menggunakan baju adat kebaya, sedangkan siswa laki-laki menggunakan baju batik.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, panitia sengaja memilih lomba fashion show batik dan kebaya, karena menurutnya, batik, kebaya dan fashion show harus menjadi satu kesatuan antara tradisional dan modern, jangan sampai kebaya dan batik tradisional hilang ditelan jaman.

“Selain memperingati Hari Kartini, lomba ini juga bertujuan nguri-nguri baju kebaya dan batik. Batik yang identik dengan Indonesia jangan sampai dilupakan sama anak didik kita” katanya.

Sementara itu, salah satu peserta fashion show bernama Fina, ketika ditanya, kenapa hari Kartini sangat identik dengan pakaian adat, Dia menjawab terkait lukisan wajah Ibu Kartini yang sangat Ia hafal dan banyak beredar adalah khas perempuan Jawa di zaman kolonial, memakai kebaya dan rambutnya dikonde.

“Mungkin dari sini orang-orang mulai menafsirkan bahwa Kartini itu identik dengan pakaian adat (Jawa). Untuk memahami nilai-nilai yang ditanamkan Ibu Kartini, apa salahnya saat peringatan Kartini kita juga menggunakan pakaian adat. Terlepas pakaian adat yang dipakai Ibu Kartini dalam foto, kita sebagai generasi muda sudah seharusnya menjaga warisan budaya Indonesia yakni pakaian adat,” pungkas Fina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *